Rabu, 07 Desember 2011

MAKESTA - MASA KESETIAAN ANGGOTA

A. Pengertian :
Masa Kesetiaan Anggota, selanjutnya disebut MAKESTA, adalah pendidikan jenjang awal dalam sistem kaderisasi formal IPNU/IPPNU yang menjadi persyaratan untuk menjadi anggota IPNU/IPPNU yang sah.

B. Tujuan
Umum :
Sebagai gerbang awal untuk menciptakan anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama yang ideologisasi yang memiliki kesetiaan kepada organisasi. Melalui pengenalan organisasi IPNU/IPPNU kepada calon anggota yang diarahkan kepada perubahan mentalitas, keyakinan dan sikap persaudaraan serta kecintaan kepada organisasi.
Khusus :
  1. Menumbuhkan keyakinan tentang kebenaran Islam Ahlus-sunnah waljamaah sebagai satu-satunya sistem yang berkesinambungan untuk melanjutkan da’wah islamiyah.
  2. Memberikan pemahaman tentang NU sebagai wadah perjuangan Islam Ahlussunnah Waljamaah di Indonesia.
  3. Meyakinkan kepada calon anggota bahwa IPNU/IPPNU merupakan organisasi pelajar yang tepat sebagai sarana perjuangan da’wah Islamiyah.
  4. Mengenal dan memahami organisasi IPNU/IPPNU sebagai Banom NU serta memahami isi materi organisasi IPNU/IPPNU (PD/PRT, PO dan lain lain)
  5. Menumbuhkan wawasan dan kemampuan dasar berorganisasi.
C. Output
  1. Anggota yang faham nilai keislaman dan perjuangan Islam yang dikembangkan dan diperjuangkan oleh NU (al-islam ahlussunnah wal jamaah)
  2. Peserta menjadi anggota resmi dan melibatkan diri di kegiatan IPNU/IPPNU
  3. Anggota faham tentang gerakan IPNU/IPPNU dan hubungannya dengan NU, Badan Otonom serta Lembaga NU.
  4. Anggota mempunyai kesadaran tinggi akan pentingnya organisasi.
  5. Anggota faham tentang cara berorganisasi yang baik.
D. Indikator
Anggota dapat menjelaskan dan melaksanakan nilai-nilai keislaman ahlussunnah waljamaah dan organisasi NU sebagai wadah perjuangannya.
  1. memiliki sertifikat dan atau KTA
  2. Anggota dapat menjelaskan keberadaan dan perjuangan IPNU/IPPNU.
  3. Anggota aktif terlibat dalam kegiatan IPNU/IPPNU
  4. Anggota dapat mengartikulasikan gagasan dengan baik
  5. Nuansa persaingan sehat antar peserta/ kelompok untuk menjadi yang terbaik di MAKESTA semakin ketat, sehingga mereka berlomba untuk menjadi yang terbaik diantara peserta MAKESTA


E. Penyelenggara, Peserta dan Waktu
1. Penyelenggara
MAKESTA diselenggarakan oleh:
Pimpinan Ranting (PR) atau Pimpinan Komisariat (PK) dan atau diselenggarakan secara bersama-sama oleh beberapa PR atau PK.
Jika Pimpinan Ranting atau Pimpinan Komisariat belum terbentuk atau tidak mampu, maka MAKESTA boleh diselenggarakan oleh PAC sampai tingkat PC.

2. Peserta
Peserta adalah siswa, santri, dan remaja yang berumur minimal 12 tahun
Peserta MAKESTA sebanyak-banyaknya adalah 40 orang dalam satu kelas, jika peserta lebih dari 40 orang penyelenggaraannya dibagi dalam beberapa kelas.

3. Waktu
Waktu penyelenggaraan MAKESTA adalah 13,5 jam efektif. Catatan: (minimal 2 hari) waktu menyesuaikan

E. JADWAL KEGIATAN
(disesuaikan dengan alur, bobot dan urutan materi. Kalau kegiatan lebih dari 2 hari, disarankan untuk menambah bobot materi ideologisasi dengan metode outdoor)

ads

0 komentar:

Poskan Komentar